-->

Kamus Bahasa palembang Awalan C

Kamus Bahasa palembang Awalan C


cagak = tiang rumah
cak itu la = yah begitulah
cak mano = bagaimana
cak yo yo / cak yo yo nian = sombong 
calak = cerdik
calok = terasi
campa = hambar / tidak berasa
campak / nyampak = jatuh
candak = menghentikan orang / mencegat orang
cangking = mengangkat dengan satu tangan
cekel = pegang
cemeke'an / geta basah = pelit
ce'ngker = anak kecil yg suka jahil , nakal (trouble maker)
cengkila = pastilah
cepe'k = hidung pesek
cerode'an = mau tahu semua urusan orang
ceto = sudah pasti
cetok = patuk
(contoh : ati ati, jangan maen disitu, gek dicetok ulo = hati hati, jangan main disitu, nanti dipatuk
ular)
cetok'an = makanan
cik kundu = kecil hati/pengecut
cindo = bagus
ciren / keciren = mengenali
(contoh : lamo dak tejingok, lah dak keciren lagi aku dengan rai kau ni = lama tidak terlihat, aku
sudah tidak mengenali wajahmu lagi)
co'ke't = cungkil / cubit
cokot = gigit
cotang = ngamuk / mengoceh
cugak = kecewa (sudah berharap sekali mendapat sesuatu, tetapi tidak jadi)
cuko = kuah / saus pempek
cumen = cuma, hanya
cungur = hidung
cupar = bicaranya kasar
cak = seperti
contoh: budak itu rai nyo cak wong nak ngamuk sepanjangan
Arti: Anak itu wajahnya seperti orang mau marah terus.
cak mano = bagaimana
Contoh: Cak mano ni? pacak dak lulus kito ni
Arti: Bagaimana ini? Bisa tidak lulus kita.
cak itula = ya begitulah
Contoh: Cak itula, basa nian kito
Arti: Begitulah, benar-benar dalam kesulitan kita.
calak = pintar, cerdik <kadang terkesan curang>
Contoh: Oi calak nian kau e, wong ngaki kau bawak kereta.
Arti: Cerdik juga kamu ya, orang lain jalan kaki kamu bawa sepeda.
cemeke'an = pelit
Contoh: Cemeke'an nian, goceng be dak ngasi.
Arti: Pelit sekali, mamberi lima ribu saja tidak mau.
cetuk = patuk
Contoh: Lakinyo mati dicetuk ulo.
Arti: Suaminya meninggal dipatuk ular.
cotang = menebak-nebak dalam soal pilihan
Contoh: Cotang 5 bener 4, hebat dak?
Arti: Sembarangan jawab lima soal, benar empat, hebat tidak?
cugak = kecewa
Contoh: Keno cugak be aku lantak dio.
Arti: Saya kecewa karena dia.
Cucung = cucu
Contoh: Woi cung, kalo kau ke Plaju, belike aku pempek
Arti: Cu, kalau kamu ke Plaju, belikan kakek/nenek pempek.
cindo = cantik
Contoh: Cindo nian tino tu, pacak "peca utak" aman jingokinnyo terus.
Arti: Cantik sekali perempuan itu, bisa "pecah otak" kalau melihatnya terus.
cenela = sendal
Contoh: Woi, jangan pake cenela aku!
Arti: Woi, jangan pakai sendal saya!
cangking = jinjing
Contoh: Cubo dicangking bae, biar mudah.
Arti: Coba dijinjing aja biar mudah.
cokot = gigit
Contoh: Hamper be aku tadi dicokot anjing
Arti: Hampir saja saya tadi digigit anjing

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kamus Bahasa palembang Awalan C"

Post a Comment