-->

Kamus Bahasa Palembang Awalan M

Kamus Bahasa Palembang Awalan M


mada'i = masak sih, tidak mungkin
malek = bosan
mak' ini = begini (contoh : mak' ini bae = begini saja )
mak' ini ari = sekarang ini
mak' mano / cakmano = bagaimana
mambang = gila
mambu = bau
mangap = membuka mulut lebar-lebar
mangcek, mangcik = panggilan untuk laki laki, paman
mangkonyo = maka dari itu
maro' = ditengah-tengah; mis. maro lawang = ditengah pintu
masat'i = melihat sampai jelas sekali
medu  = cemas
melacit = ngebut / berlari
melok = ikut
mendep = berdiam di rumah saja
mengap = sesak napas
mengit = benci (pada seseorang)
mengot = miring, melengkung

mengsel = lepas dr sasaran / tempatnya
mere'pet = ngomel
me'sem = tersenyum sedikit
metu / mentu = keluar
mewek = (siap siap) menangis
mingkem = menutup mulut
mingsep = ngumpet / bersembunyi
minta' alem = mencari perhatian
misan = sepupu
moeboo = nambah
moeroep = api hidup
mudiken / ngota'i = berbohong
madak'i = Masa, sih?
Contoh: Mada'i kito kalah? Perasaan la lemak tekwan kito ni.
mak ini ari = hari gini
Contoh: Mak ini ari, mase ado bae wong yang galak maleng ayam.
Mang Cek = paman
Contoh: Di rumah mang cek aku ado kebon rambutan.
melok = ikut
Contoh: Aku nak ke tempek tino tu, melok dak?
mekek-mekek = berteriak/memekik
Contoh: Oi cek, ngapo dio la dari tadi mekek-mekek?
mekot, milu = ikut
Contoh: Mekot oi ke sano, la bosen aku di siko.
menujah = menusuk
Contoh: Wai, kawu ni mirip yang nujah adek aku dulu tu.
mengot = lengkung
Contoh: Mistar ni pacak mengot pulo.
meseng = buang air besar
Contoh: Budak tu galak meseng di celano aman aku kejutke.
metu = keluar
Contoh: Dio tu dak pernah metu dari kamar sejak ditujah aku.
merep = mirip, menyerupai
Contoh: Yyo merep wong ini.
minta alem = manja, cari perhatian
Contoh: Minta alem nian dio ni.
mentek, mengkek = "belagu", banyak gaya
Contoh: Mengkek nian budak tu!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kamus Bahasa Palembang Awalan M"

Post a Comment